Ibnu Qayyim Al-Jauziyah bertutur: ”Jika manusia tahu bahwa kematian mengehentikannya dalam beraktivitas, maka ia pasti akan melakukan perbuatan dalam hidupnya yang pahalanya terus mengalir setelah mati.” semoga catatan ini menjadi salah satunya ... bismillah by: www.familyonline-shop.com

Selasa, 19 Februari 2013

mengatasi demam batuk pilek pada bayi

alhamdulillah setelah 8 hari mas harits batuk pilek, (hari 1-4 disertai demam) akhirnya sekarang sudah sembuh ... sempet tergoda untuk ke dokter karena kasiian ngliat mas harits batuknya kayak saya (berdahak n suaranya keras gitu), tapi akhirnya pake obat alami, alhamdulillah berhasil ... meski harus nunggu 8 hari dulu ...

ini dia prosesinya,
awalnya hari jum'at 8 februari 2013 mas harits mengeluarkan keringat dingin tapi cuma di sore hari, trus tanggal 9 juga gitu... malemnya masih gak panas trus masih nyeyak tidurnya ...

ternyata eh ternyata ini awal dari sakitnya
akhirnya dia demam batuk pilek,
ditelusuri penyebabnya, entahlah yang mana diantara berikut ini :
1. saya memberi makan buah pepaya yang baru dikeluarkan dari kulkas (masih dingin) saya parut dan saya kasih ASIP, entah si pepaya dingin itu memberi efek atau tidak
2. dua hari berturut turut minum aqua galon tanpa dimasak, meski cuma sedikit sekali
3. tetangga tetangga depan dan samping rumah juga lagi pada sakit anak-anaknya jadinya ketularan.

ketika hari ahad mulai demam tinggi dan batuk pilek parah, sampek gak bisa tidur dan gak mau mimik nenen malem malem, saya mulai kelimpungan, takut makin parah ... ini itu ... cari cari info di internet mengenai obat alaminya, atau dokter yang recomended, akhirnya senin pagi berencana ke dokter di RS terdekat, saya sengaja berangkat telat ke kantor, (hehe belum tenang kalo harits belum dapet penanganan), alhamdulillah atasan juga mengijinkan.
tapi eh tapi suami malah gak bawa hape, gak berani bawa harits ke dokter juga kalo belum ijin suami.... akhirnya memutuskan pergi ke tukang pijit/urut bayi recomended di daerah cempaka baru, namanya mbah sani (direkomendasikan temen liqo)... dateng jam 9 ternyata ngantriine polll, selese pijit jam 11an, kata mbah sani diobatin pake kunyit kencur diparut dan diperes airnya trus di campur madu dan garam ...
awalnya ragu karena kalo gak salah kunyit kencur itu baru boleh untuk bayi di atas 8 bulan, madu garam itu baru boleh di atas 1 tahun ...

malamnya diskusi dengan suami, (saya masih sambil nyari nyari dokter bagus, ketemu 2 dokter yang kebetulan praktek hari selasa pagi jam 9 di dua rumah sakit deket kantor juga) tapi setelah dipertimbangkan masak-masak, akhirnya mengikuti saran mbah sani saja, toh meski bahan bahan tersebut tidak disarankan untuk bayi 6 bulan, setidaknya lebih alami dibandingkan dengan obat-obatan rumah sakit....

akhirnya pagi-pagi saya kupas kunyit kencur, kemudian di cuci dan diparut, terus di peres, jadi 3 sendok makan kayaknya, diminumkan ke harits pagi siang sore...
plus bawang merah saya parut dan saya campur dengan minyak telon (kalo saran temen sii minyak kelapa, tapi karena saya gak punya jd pake telon) terus dioleskan ke ubun-ubun dan seluruh tubuh

setiap hari saya bikin ramuan ini dan akhirnya setelah 5 hari mas harits sembuh total ... alhamdulillah ...

nanti kapan kapan di urut mbah sani lagi ya mbah ...

kalo kata dokter arif di sini, "Bagi saya pribadi di ruang praktik, batuk-pilek termasuk penyakit yang paling sulit. Tidak jarang saya butuh 30 menit untuk meyakinkan orangtua bahwa common cold akan sembuh sendiri dan tidak butuh obat apapun. Batuk-pilek juga bisa berlangsung lebih dari 2 minggu, terutama bila ada orang lain di rumah yang sakit serupa. Ping-pong istilahnya. Kadang-kadang saya menangkap ekspresi kecewa di wajah orangtua. But the truth must be told. It's my opinion."

o ya yang penting, kalo mau ke dokter, teliti dulu obat yang diresepkan, jangan jangan itu antibiotik, kalo kata profesor tentang antibiotik di detik anak batuk pilek, jangan mau dikasih antibiotik, karena banyak efek sampingnya, emang sih, kadang bisa langsung sembuh, tapi perlu di liat juga efek jangka panjangnya,
Beberapa efek samping dari penggunaan antibiotik adalah :
- Merasa mual dan muntah
- Ruam-ruam di kulit seperti alergi atau biduren
- Bisa juga berakibat parah seperti sindrom Steven Johnson.

"Yang mengkhawatirkan adalah penggunaan antibiotik di masyarakat. Anak yang batuk pilek sedikit-sedikit sudah diberi antibiotik. Beberapa rumah sakit dan puskesmas juga ada yang langsung meresepkan antibiotik tanpa pemeriksaan mikroba terlebih dahulu," tutur prof Iwan.

kalo kata ayahbunda gini
Cara mengatasi batuk pilek bayi :
  • Tetap berikan ASI dan hindari penggunaan botol. Sebab, gerakan bayi mengisap payudara akan menutup saluran eustachius yang menghubungkan hidung dengan telinga. Kondisi ini akan memperkecil risiko terjadinya infeksi telinga oleh bakteri yang ada di hidung dan tenggorokan.
  • Jangan asal memberi obat antibiotik, karena sebenarnya batuk pilek disebabkan oleh virus. Konsultasikanlah terlebih dahulu dengan dokter untuk tahu apakah ada bakteri yang menginfeksi bayi Anda.
  • Beri obat penurun panas bila suhunya 38,5 derajat Celcius, untuk mencegah kejang.
  • Agar bayi bernapas lega, khususnya saat minum susu atau sebelum tidur, keluarkan cairan hidungnya dengan penguapan, menepuk-nepuk punggung bayi dalam posisi telungkup di paha Anda, atau disedot menggunakan alat penyedot lendir.

jadi musti sabar emang ...
kalo kata mbah sani, sehat itu urusannya bukan dengan uang, tapi syukur ...

jadi banyak banyak lah bersyukur di kala sehat, sebelum datang sakit, dan insyaAllah bersama kesulitan itu selalu ada kemudahan ...
 
kalo kata umar bin khatab  "andaikata sabar dan syukur itu adalah dua kuda tungangan, maka aku tak peduli mana saja diantara keduanya yang aku tungangi"

foto foto manyun mas harits setelah sembuh dari sakit, alhamdulillah sudah ceriaaaaaaaa, meski bajunya pada belepotan kena kunyit ...

umur 6 bulan 16 hari










6 komentar:

  1. Terima kasih. Artikel ini sangat informatif. Saya ikutan mencontek ramuan kunyit dan kencurnya ya, kebetulan anak saya sedang batuk pilek juga. Dan saya termasuk berkeras bahwa saya mau mengutamakan pengobatan tradisional. Jika sudah diupayakan tidak juga sembuh, baru saya ke dokter. Bukan berarti mau meremehkan peran dan pentingnya dokter juga, tapi berdasarkan pengalaman banyak orang dan referensi berbagai macam pengobatan, saya meyakini bahwa obat harus menjadi alternatif terakhir saat upaya herbal tidak berhasil.

    Salam...

    BalasHapus
  2. iyap sama sama mbak ... utamakan yang alami dulu... terapi dulu ...
    oh iya lupa saya blm tuliskan, terapi uap dan menggosokan balsem transpulmin bb ke dada dan punggung bayi

    smoga anaknya segera sembuh ya

    BalasHapus
  3. Wah pilek memang ngeselin, apalagi solusinya dengan obat
    alat penyedot ingus bayi

    BalasHapus
  4. Bun, akhirnya kunyit kencurnya di tambahin madu + garam ? Anak ak skrg lg pilek nih bun..

    BalasHapus
  5. Garam & madunya tidak di pakaikan ya bun ?

    BalasHapus
  6. Penyebab demam batuk pileknya sepertinya yg no. 3. Kebanyakan demam batuk pilek pada anak memang tidak membutuhkan obat. Biasanya sembuh sendiri dalam waktu kurang lebih seminggu. Penggunaan bawang erah sebagai penurun panas sangat bagus.
    www.blogdokter.id

    BalasHapus