Ibnu Qayyim Al-Jauziyah bertutur: ”Jika manusia tahu bahwa kematian mengehentikannya dalam beraktivitas, maka ia pasti akan melakukan perbuatan dalam hidupnya yang pahalanya terus mengalir setelah mati.” semoga catatan ini menjadi salah satunya ... bismillah by: www.familyonline-shop.com

Kamis, 22 Agustus 2013

perjalanan ASI mas harits

alhamdulillah sudah satu tahun per 1 agustus 2013 kemarin, alhamdulillah lulus S2 ASI ...

yeye ...

kembang kempis mengelola ASIP nya mas harits, akhirnya lulus juga,

saya akui manajemen ASIPku memang kurang baik, hehe

awal2 masuk kantor berhasil mengumpulkan segini ...eh lebih banyak ding, gak sempet kepotret, pokonya sempet sampek gak muat...
stok 9 oktober 2012
saya sengaja naruh 50-70 ml karena diprediksikan sekali minum mas harits segitu... jd biar sekali pakai...hehe

awal awal mas harits mengonsumsi 300-350 ml dan kemudian naik seiring perkembagannnya sempet sehari 400-500-600 ml

dan ternyata akhir tahun menjadi momok besar, tepat bidikan ibu saya untuk tidak nitipin harits di TPA kantor, karena posisi saya sebagai Staf pengelola keuangan dimana banyak sekali deadline sebelum desember 2012 berakhir, ditambah dinas luar kota berturut2 yang harus diurusin persiapannya, saya sering pulang malem hanya untuk sekedar menyelesaikan tagihan tagihan kantor agar segera "cair" ditambah volume kerja rutin juga lagi menumpuk, plus sering hujan sore jadi memang gak memungkinkan membawa harits ke TPA kantor...

ternyata atas sebab di atas itu, produksi ASI saya ikut berpengaruh, mungkin si lebih karna tiap mompa selalu kepikiran banyak yang musti diselesein jd buru2, ditambah tuntutan kerjaan yang bikin puyeng kepala, alhasil sehari maksimal hasil perahan cuma 200ml an, sedangkan mas harits mengonsumsi hingga 400-500ml an, ditambah lagi mas harits mengalami bingung puting, yang disebabkan mungkin karna saya pulg malem jd frekuensi nenen lebih sedikit jadi keenakan botol, hampir 2-3 bulanan, mas harits gak mau nenen saya kecuali saat sudah terlelap dan gak sadar, jadi kalo mau nidurin saya musti bikin botol trus saya gendong sambil di iyung iyung trus mimik botol, sampe terlelap, baru saat tengah malem mau nenen, pagi saat sudah sadar kembali gak mau nenen lagi, hiks T_T sampai sampai stok ASIP saya minim sekali

stok ASIP november 2013

 saat bulan desember stok lebih menipis lagi ...
bahkan pernah tersisa hanya dua botol di frezer
jadi manajemen asipnya bukan lagi FIFO tapi kombinasi antara FIFO dan LIFO, perahan saya hari ini sebagian untuk diminum besok sebagian untuk di frezer, walau bagaimanapun yg belum beku mgkn lebih baik dr pada ASIP yang sudah beku ...

setelah masa masa akhir tahun lewat, matahari cerah tahun 2013 menjadi saat yang paling saya nanti, deadline berakhir, tinggal membereskan apa yang tersisa, pumpingpun sudah tidak dalam tekanan, fikiran santai, kembalilan produksi ASI meningkat tajam,

sering sepenuh itu 240 ml bahkan sering juga sampai 300-350 ml sekali pumping, alhamdulillah
setelah bersabar cukup lama, mas harits pun kembali mau nenen, asyiiikkkk udah gak ribet lagi botolin...

sepanjang tahun 2013 stok makin meningkat hingga ramadhan kemarin frezer pun penuh dengan masing2 botol @100 ml, hihi alhamdulillah...
saat ramadhan produksi kembali menurun, ditambah saya yang ogah ogahan pumping karena lemes, jadilah sebelum saya mudik lebaran stok tinggal 16an botol @100 ml
yang akhirnya 11 botol itu saya buang karena usianya udah lebih dr dua pekan di frezer satu pintu...

didokumen yang pernah saya baca, lupa sumbernya
Ketahanan ASI:

  • Disimpan di ruang terbuka bisa bertahan enam hingga delapan jam.
  • Di termos yang berisi es bisa bertahan sekitar 24 jam.
  • Disimpan di tempat buah, lemari es, bisa bertahan 2 kali 24 jam.
  • Disimpan di freezer berpintu sama dengan tempat buah, daya tahan ASI mencapai dua minggu.
  • Disimpan di freezer yang pintunya berbeda dengan tempat buah atau sering disebut lemari es dua pintu, ketahanan ASI mencapai tiga bulan.
 alhamdulillah sekarang mas harits minumnya jadi masih fresh eh gak fresh ya, soalnya tetep sempet dimasukin kulkas, tapi setidaknya gak dibekuin... jadi saya pumping skrg diminum besok ...

o ya saat mudik kemarin mas harits saya cobain UHT Ultra Milk Full Cream






hehe alhamdulillah doyan, tapi cuma saya kasih diperjalanan di kereta ajah, karena saya pake kereta ekonomi AC, jakarta-madiun, madiun-kebumen, kebumen-ajakarta, saat saya gak bisa nenenin karena ada laki2 yang msh tersadar di sekitaran saya, saya kasih mas harits UHT pake dot, tapi saat saya lihat sekitaran aman dari laki laki, saya tetep nenenin mas harits... sebisa mungkin diminimalisir intinya, hanya untuk darurat, hehe walau bagaimanapun ASI adalah asupan terbaik...

tapi sempet saya cobaiin ultra mimi, mas harits gak doyan

 kebetulan di kardusnya juga untuk anak 2-6 tahun ya... mas harits udah pinter nii

Alhamdulillah lulus S2 ASI, terima kasih Ya Allah Engkau mudahkan rizki mas harits ...

SEMANGAT ASI
-menuju S3 ASI... (sebelum adeknya menyusul)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar