Ibnu Qayyim Al-Jauziyah bertutur: ”Jika manusia tahu bahwa kematian mengehentikannya dalam beraktivitas, maka ia pasti akan melakukan perbuatan dalam hidupnya yang pahalanya terus mengalir setelah mati.” semoga catatan ini menjadi salah satunya ... bismillah by: www.familyonline-shop.com

Jumat, 26 Juli 2013

Tips Ibu Menyusui Berpuasa ...

ramadhan memang penuh berkah ya... Alhamdulillah tahun ini kembali bisa shaum ramadhan setelah tahun kemarin bablas gak shaum karena hamil dan melahirkan mas harits... hehe belum bisa bayar qadha ramadhan tahun kemarin, karena selama ini ragu mau shaum, tiap laper dikit langsung pusing di kepala bagian bawah... ditambah tensi darah sering rendah... tapi ketika tahun ini mencoba dan alhamdulillah sampai hari ke 17 ramadhan ini masih bisa shaum...

beberapa tips untuk berpuasa pada ibu menyusui lengkapnya bisa dibaca disini
  1. asupan menu dan gizi seimbang, harusnya mungkin makan tetap tiga kali, saat buka, menjelang tidur, dan saat sahur... hehe tapi karena saya malas uprek uprek di dapur, saya makan nasi tetap dua kali saat buka dan sahur, menu buka dan sahur selalu nasi+sayur hijau+lauk (telor/ikan/tempe)
  2. perbanyak konsumsi cairan, katany si diusahakan sehari minum 2 liter, kalo saya hehe gak diitung sii, karena saya memang suka minum, saat buka air putih, sebelum tarawih CDR, menjelang tidur susu, bangun tengah malem madu, jus buah, sahur madu dan susu, selain itu juga sering minum air putih
  3. istirahat yang cukup, sempatkan waktu rehat sejenak di siang hari saat badan terasa lemas, hehe kalo saya biasanya di jalan alias di kereta, saya manfaatkan untuk rehat... di kantor sesekali habis shalat tidur sejenak, hehe
  4. Tenang dan percaya diri, Ibu hendaknya tetap tenang beribadah dan percaya diri terus menyusui, jangan merasa khawatir ASInya akan berkurang, sebab rasa cemas tersebut justru akan menghalangi kerja hormon Oksitosin mengeluarkan ASI dari payudara, sehingga akan nampak seolah-olah ASI ibu berkurang. Ingatlah bahwa menyusui pun juga ibadah. hehe jadi harusnya tetap berfikir positif sehingga produksi asi tetap stabil... yang ini saya masih belum berhasil, awal gak puasa produksi sehari bisa 500-600 ml, tapi sekarang ini 200-300 ml alhamdulillah 
  5. Meminum madu, kurma dan habbtussauda, Dengan meminum madu, kurma dan habbatussauda, diharapkan kuantitas dan kualitas ASI tetap terjaga, karena madu, kurma dan habbatussauda merupakan vitamin alami dan komposisinya lengkap. hehe yang ini rutin saya laksanakan kecuali habbats, hihi dari dulu susah sekali memasukan habbats kedalam tubuh. 
  6. Ibu bekerja Jika ibu bekerja, sebaiknya tetap memerah ASI di tempat kerja, karena jika ASI tidak dikeluarkan maka produksi ASI akan menurun.   Bila ibu memiliki aktifitas yang cukup tinggi selama Ramadhan, mungkin perlu dipertimbangkan untuk tidak berpuasa bila si kecil masih menyusu, sebab dalam agama Islam pun ada keringanan bagi ibu yang menyusui... hehe yang ini juga belum berhasil, karena saya jadi malas malasan pumping ... sehari yang biasanya dua kali, ini cuma sekali... karena sore rasanya lemas sekali...
alhamdulillah ... semoga bermanfaat...
o ya setelah tanya dari berbagai sumber ada yang mengatakan puasa untuk hamil dan ibu menyusui jika tidak berpuasa ada yang cukup bayar  fidyah saja, fidyah + qadha, atau qadha saja...
dibalik perbedaan perbedaan tersebut, mulai saat ini saya tekadkan untuk mencoba mengqadha puasa saya tahun lalu yang belum kebayar... bismillah, insyaAllah mulai syawal nanti, semoga berhasil...

udah hampir 10 malam terakhir ramadhan stok ASIP saya tinggal separuh frezeer yang dari awalnya penuh sefrezer... hehe mungkin ini hikmah Allah melebihkan Stok ASIP saya sebelum ramadhan... alhamdulillah 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar