Ibnu Qayyim Al-Jauziyah bertutur: ”Jika manusia tahu bahwa kematian mengehentikannya dalam beraktivitas, maka ia pasti akan melakukan perbuatan dalam hidupnya yang pahalanya terus mengalir setelah mati.” semoga catatan ini menjadi salah satunya ... bismillah by: www.familyonline-shop.com

Selasa, 19 Maret 2013

TPA atau di rumah ?

TPA (Tempat Penitipan Anak) mungkin bagi sebagian orang adalah menjadi pilihan terbaik bagi para ibu bekerja untuk menitipkan anaknya, tapi untuk saya, sejauh ini saya belum memilihnya ... awal kelahiran dulu saya kekeh mau menitipkan anak di TPA dekat kantor yang letaknya di salah satu gedung kami juga, jadi lumayan lah bisa setiap saat menjenguk (eh gak setiap saat juga ding, lumayan jauh jalannya) tapi setidaknya bisa selalu deket dibanding jika dirumah... tapi saat itu saat awal-awal banyak yang menentang saya, termasuk suami dan orang tua, mereka kekeh juga agar mas harits tidak di TPA, tapi di rumah saja, nanti ada pengasuh yang jagain, (saat itu belum ada, dan ini menjadi alasan saya kekeh ke TPA) bahkan orang tua saya meyakinkan jika nantinya sampai saya masuk kantor belum juga dapet pengasuh, ibu akan menjaga mas harits di jakarta... tapi kemudian saat ini setelah umur mas harits 7,5 bulan, saya baru memahami, memang pilihan terbaik untuk mas harits saat ini ada di rumah bersama si teteh (pengasuhnya)...

pertimbangan-pertimbangannya antara lain:

TPA :
kelebihannya :
-deket kantor (bisa lebih sering jenguk anak, pagi siang sore)
-banyak temen (banyak bayi-bayi jadi nantinya anak bisa lebih mudah bersosialisasi)
-pengawasan lebih terjamin (karena banyak orang)
-pengasuhnya lebih berpendidikan (lebih pinter masalah ASIP dan MPASI, dan tentang mendidik anak)
-gak perlu repot cari pengasuh (jaman sekarang susah banget nyari pengasuh atau ART)

pertimbangan saya untuk tidak di TPA:
-kalo ada anak yang sakit, tentu akan mudah tertular... pengalaman mas harits di rumah ketika anak tetangga sakit, harits gampang tertular, dan saya tipe ibu berprinsip minimalisir obat-obatan, jadi kadang bisa sampe berhari-hari sakitnya, kalo kayak gini di TPA dikhawatirnya menular ke bayi-bayi lain ... denger cerita dari seorang ibu di TPA, ketika anaknya batuk pilek, langsung diberi antibiotik biar langsung sembuh... kalo mas harits lebih ke pake terapi yang pernah saya tulis disini
-di TPA satu pengasuh ngurus 4 bayi untuk kelas 2bulan sampe 1 tahun, jadi masih belum bisa rela harits diduakan, hehe, pastinya akan berbeda dong ya antara ngurus 1 orang dengan 4 orang...
-kendaraan saya saat ini saat ngantor adalah sepeda motor atau angkot, jadi belum tega ngebawa mas harits pake dua kendaraan ini untuk rutinitas tiap hari... (he belum punya mobil)


selain itu saat saya masuk kantor , 1 oktober 2012 adalah masa masa musim penghujan, hampir tiap sore ujan, jadi gak mungkin banget gendong2 mas harits di motor ujan ujan tiap hari... ditambah lagi saat itu adalah masa masa akhir tahun dimana posisi saya sebagai staf pengelola keuangan sedang dikejar kejar target pencairan dana, sehingga tidak memungkinkan untuk bolak balik TPA bahkan saat itu sering pulang malem ...

nah dari pertimbangan itu akhirnya saya memutuskan untuk sekuat tenaga dan do'a nyari ART, meski dengan segala resiko yang ada (apalagi di tipi banyak sekali berita tentang anak yang diculik atau bahkan dibunuh sama ART nya), bismillah kalo kita baik sama orang insyaAllah orang itu pun akan baik... sambil terus berdo'a, insyaAllah semoga mas harits selalu dalam perlindungan Allah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar