Ibnu Qayyim Al-Jauziyah bertutur: ”Jika manusia tahu bahwa kematian mengehentikannya dalam beraktivitas, maka ia pasti akan melakukan perbuatan dalam hidupnya yang pahalanya terus mengalir setelah mati.” semoga catatan ini menjadi salah satunya ... bismillah by: www.familyonline-shop.com

Kamis, 21 Maret 2013

tentang Asisten Rumah Tangga

bismillah ...

alhamdulillah, bersyukur banget punya temen si teteh (pengasuhnya mas harits) di rumah, bener-bener anugerah luar biasa deh...

di saat temen temen kantor pada kelimpungan nyari ART, aku masih punya si teteh yang super baik hati (semoga sampe seterusnya ya teh), sebelumnya saya sama sekali tidak kenal si teteh, si teteh adalah karyawati di kantinnya budhe abinya mas harits seperti yang pernah saya ceritakan di sini

saya menggaji si teteh hampir dua kali lipat dibanding gajinya di tempat si budhe dulu, karena rumah saya memang lebih jauh dibanding kediamannya di bogor, dulu perjanjiannya sebulan sekali boleh pulang, tapi semakin kesini si teteh minta dua pekan sekali pulang, terkadang juga sepekan sekali pulang, kangen sama anak katanya... hihi saya dan suami sii tidak keberatan, yang penting prinsipnya kalo pas saya kerja si teteh ada dirumah... kalo sabtu ahad saya libur teteh boleh pulang ataupun main kemana gitu...

dari saya kecil, gak pernah yang namanya punya ART, karena ibu saya memang ibu rumah tangga, jadi semua pekerjaan ditangani ibu dan anak-anaknya, jadi saat saya punya ART memang sebuah hal yang baru dimana saya harus mempekerjakan seseorang di rumah.

pesan pesan orang tua saya dalam menangani ART :
  1. harus baik hati, gak boleh marah marah, gak boleh menyinggung, semua hal bisa dibicarakan dengan baik baik, kalo ada yang salah dari ART bicarakan dalam forum curhat, sambil bercanda aja, agar gak tersinggung karena bagaimanapun ia sudah sangat membantu kita ngurus mas harits dan ngurus rumah
  2. selalu sedia camilan di rumah (saya menyempatkan membelikan camilan atau seringkali saya juga bikin sendiri)
  3. jangan membedakan makanan tuan rumah dan ART
  4. ajak ART juga dalam kebaikan, alhamdulillah sejak di rumah si teteh mau ngaji, tiap hari ahad -kalo ada agenda lain biasanya libur- (dari sejak menikah) kami mengagendakan "Kuliah Ahad Pagi" yang di pimpin oleh abi, agendanya berisikan tilawah bareng, dan tausiyah dari abi, serta pembahasan rumah (curhat selama dirumah), jadi siapa yang ada di rumah saya harus ikut, termasuk tante tantenya mas harits kalo lagi nginep (adek saya dan adeknya abinya harits),  dan si teteh sering nanya tentang shalat sunnah, dan sekarang alhamdulillah mulai rajin, dhuha, sunnah wudhu, tahajud... sering baca-baca buku kami di rumah ... kalo pas agenda liqo di rumah, si teteh juga suka ikut dengerin (teteh malu mau gabung, hehe kebetulan ruang tamu saya juga terlalu sempit)
  5. ajak liburan, karena kebetulan kalo saya libur si teteh pulang ke bogor, jadi saya ngajak jalan jalannya kalo pas si teteh gak pulang... biasanya si saya ajak belanja ke cempaka mas, hehe si teteh suka banget kalo ke tempat ini... belanja ... pengen ngajak ke kajiannya aa gym di istiqlal tapi tiap jadwal aa gym disana adalah jadwal teteh pulang ke bogor...
saya gak pernah menerapkan aturan khusus untuk si teteh, yang penting harits keurus, kerjaan rumah nyantai aja, tapi alhamdulillah si teteh selalu beres saat saya pulang kantor, meski seringkali saya meninggalkan rumah masih dalam keadaan berantakan...

oh iya si teteh juga suka curhat sama saya, tentang anak-anaknya, tentang umminya, tentang teman temannya, tentang pacarnya (hehe saya belum berhasil menyarankan siteteh untuk tidak punya pacar)

Ya Allah, terimakasih atas segala karunia-Mu yang luar biasa ...

saya yakin saat kita baik sama orang lain, orang itu pun akan baik kepada kita ... semoga Allah selalu menjaga keluarga kami ...

aamiin

-ancamannya (ups... seharusnya bukan ancaman) adalah .... jreng jreng jreng , yaitu saat teteh menikah nanti, hehe saat ini udah ada lelaki yang serius untuk melamar si teteh, sudah bilang ke orang tuanya pula... hihi- semoga saat teteh menikah nanti, Allah mengirimkan seseorang yang tepat untuk menggantikan si teteh


2 komentar:

  1. ide Kuliah Ahad Pagi patut dicontek tuh,hihi..

    BalasHapus
  2. hihi iya mbak, silahkan ... sangat bermanfaat insyaAllah ... dulu pas lagi masa masa pindah kelompok dan vacum liqonya, masih ada ini sebagai pelengkapnya ...
    awalnya dulu yang ngisi materi gantian pas masih berdua, lama kelamaan abinya terus yang ngisi,,, haha ...
    ini juga ide dari abinya mas harits ...

    BalasHapus