Ibnu Qayyim Al-Jauziyah bertutur: ”Jika manusia tahu bahwa kematian mengehentikannya dalam beraktivitas, maka ia pasti akan melakukan perbuatan dalam hidupnya yang pahalanya terus mengalir setelah mati.” semoga catatan ini menjadi salah satunya ... bismillah by: www.familyonline-shop.com

Sabtu, 19 Januari 2013

mengatasi demam bayi

tanggal 28 desember 2012 kemarin mas harits (5m) sakit perdananya ... eh sebelumnya sempet pernah sakit panas sih, tp karna efek imunisasi DPT...

ceritanya dini hari tanggal 28 itu, jam 00.30, mas harits kebangun, trus yang biasanya mau nenen, ini gak mau, nangis kenceng banget ... dan badannya panas banget, paniklah saya dan suami, mencoba tetap tenang (takut mertua kebangun) suami ngangetin asip, dan saya nyoba nenangin mas harits sambil gendong gendong,

alhamdulillah tertidur pulas sambil saya peluk,

eh eh eh, jam setengah dua (kalo gak salah inget) mas harits nangis kenceng lagi tiba2, dan kali ini mertua bangun (karena memang terbiasa bangun jam 3 an dan kali ini emang sengaja lebih pagi karna si bapak mertua mau dinas ke surabaya berangkat ba'da subuh) ...

awalnya kami saya dan suami mencoba mengatasi sendiri, niat mau ngompres mas harits pake air anget, suami baru keluar kamar, ternyata kata ibu, dikompresnya pake air dingin saja... hehe saya saat itu gak berani ngebantah... beruntunglah suami sigap dengan googling mengenai kompres demam bayi, dan berdalih "buk, kata dokter di internet pake air anget" hihi akhirnya diijinkan pake air anget ngompresnya

sambil saya kompres sambil mimik dot asip, masih tetep nangis kenceng bgt... trus dipakein jaket biar anget... (pengalaman saya ketika badan saya panas demam, justru rasanya dingin banget dan pengennya pake jaket n selimut yang tebel) ...

subuh, alhamdulillah mas harits bobok, didampingi ibu, saya shalat gantian sama ibuk,
oh iya pas sebelum subuh tadi, pas ngompres mas harits, saya dibikinin minuman dengan tetesan propolis sama ibu, katanya obat alami, biar nanti kesalur ke mas harits lewat nenen (asi) ...air putih sekitar seperempat gelas, trus dikasih propolis 5 tetes dan diaduk pake sendok plastik (gak boleh sendok logam kata si bapak)

karna ini obat herbal, jadi saya minum aja ...

alhamdulillah pagi pagi mas harits udah turun panasnya, tapi masih gak bisa senyum atau ngoceh ngoceh kayak biasanya ...

pagi pagi minum asip, trus dijemur, bajunya dibuka (tapi gak semuanya) hehe gak berani... yang penting dapet sinar matahari ...

siang siang mulai panas lagi... dari siang sampe sore harits rewel banget, nangis terus, meski udah gak panas sorenya, tidurnya maunya digendong ... kalo ditaroh nangis lagi,

paniklah saya dan suami, karena jam 18.30 kita harus berangkat ke jakarta dari  madiun naik kereta ekonomi AC majapahit... nyoba ganti jadwal ternyata kehabisan dan udah gak bisa, mau ngebatalin juga sayang, hehe, suami juga tangal 29 ada UAS di kampus...

oh iya kelupaan sore sebelum berangkat dapet saran dari temen buat beli salep transpulmin BB, diolesin di dada dan punggung, karena harits juga flu...

pas berangkat harits lg bobok, dianterin ibu bapak ke stasiun, masih bobok ajah, naik kereta juga masih bobok... (padahal saya sudah khawatir banget dia bakal rewel dikereta)

ternyata eh ternyata, dasarnya mas harits suka banget ruangan ber AC (jadi inget pas liqo harits rewel, trus di ajakin ke kamarnya si ibuk temen saya yang ber AC dia diem dan senyum senyum) alhamdulillah di kereta mas harits malah tidur nyenyak sampe pagi, pokoknya bangun dikit nenen... akhirnya pas nyampe jakarta kebangun udah senyum senyum ketawa ketawa dan ngoceh ngoceh lagi ...

alhamdulillah ...

intinya kalo bayi demam itu :
jangan panik
kompres air hangat
kalo karena flu olesin salep transpulmin BB di dada n punggung
di jemur
ekstra ASI

+ibunya jg harus sehat, (minum propolis)
nyampek jakarta saya malah sakit, dan harits yang udah sembuh ketularan lagi... untung cuma flu dikit gak pake panas,

sehat sehat ya nak ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar